Extended Network Banners

Sabtu, 23 Desember 2017

ETIKA DI KAMPUS

Tata krama adalah adat, sopan santun, atau tindakan, etika yang telah menjadi tuntunan masyarakat diamana pun, kurun waktu kapan pun,terlepas setuju atau tidak. Tat juga diartikan sebagai suatu kebiasaan yang muncul karena terkondisinya rangkaian antara rangsangan atau tantangan dan jawaban, kebiasaan yang lahir dalam hubungan manusia dan telah disepakati. Ada kalanya kebiasaan itu tidak mudah dimengerti dengan akal sehat. Jadi tata krama adalah norma atau kebiasaan yang mengatur sopan santun dan telah disepakati oleh masyarakat.
Tata krama mahasiswa meliputi tata krama mahasiswa dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan dengan dosen/ karyawan.
Contonya:
·         mengucapkan terima kasih atas pertolongan atau kebaikan orang lain.
·         Menerima pemberian orang dengan tangan kanan
·         Berpenampilan baik dihadapan orang.
·         Meminta maaf kepada orang jika ada kesalahan
Tata krama mahasiswa dengan civitas akademika di luar kampus
Mahasiswa sebagai masyarakat kampus atau insan akademik( golongan terpelajar) harus menjaga citra akademik ketika dirinya sedang berada di dalam maupun luar kampus. Biasakan selalu memberi salam terlebih dahulu kepada civitas akademik bila bertemu, lebih baik jika dibiasakan dengan berjabat tangan. Jika berjabat tangan, usahakan menatap muka dengan ramah dan tersenyum. Menjaga perkataan dengan bahasa yang sopan dan halus, jangan menggunakan bahasa yang kurang pantas dan menganggap civitas akademik sebagai teman sebaya, yaitu menggunakan bahasa non formal seperti gue dan elu. Jika ada kepentingan mendesak yang mengharuskan mahasiswa bertemu dengan civitas akademik, usahakan untuk membuat janji terlebih dahulu mengenai kesediaaan untuk bertemu, tempat dan waktu untuk bertemu. Biasakan tersenyum ramah dan menganggukan kepala jika bertemu civitas akademik di luar kampus, misal di jalan ataupun di tempat umum, baik saat berpapasan maupun bertemu.
Tata krama mahasiswa dengan mahasiswa
Jangan mengolok-olok sesaama mahasiswa melebihi batas, meskipun hanya bergurau. Jaga citra sebagai insan terpelajar.
Jangan menyapa teman dengan julukan yang tidak disukainya, seperti dab.
Membiasakan bergaul dengan semua civitas akademik, terutama mahasiswa tanpa membeda-bedakan, seperti golongan, suku, kekayaan dan agama.
Segeralah meminta maaf terlebih dahulu jika ada kesalah pahaman sesama teman mahasiswa.
Menghormati ide, pendapat, pikiran dan hak cipta sesama teman atau warga kampus.
Membiasakan saling menolong sesama mahasiswa yang membutuhkan, contohnya mengumpulkan uang untuk membantu teman yang terkena musibah kebakaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar